Rabu, 23 Oktober 2013

Tugas: Bahasa Indonesia 2

Wabah "Vicky Prasetyo" mulai melatah di beberapa kalangan artis. Salah satunya adalah syahrini. Kesalahan berbahasa dianggap sebagai suatu pencitraan yang akan membawa kepopuleran. Kira-kira, apa yang akan Anda lakukan jika menjadi Syahrini? Apabila dilihat dari empat keterampilan berbahasa, di manakah pembenahan harus dilakukan oleh Syahrini! Jelaskan pendapat kelompok kalian!

18 komentar:

Unknown mengatakan...

Kelompok membaca, Fisika kelas B

Bila kami Syahrini, menjadi diri sendiri dan tidak menggunakan kesalahan berbahasa sebagai suatu pencitraan yang membawa kepopuleran adalah pilihan kami, karena seorang selebriti dinilai bukan hanya dari segi kepopulerannya melainkan dari tutur kata, sikap dan karya yang telah dihasilkan. Oleh karena itu, seorang selebriti hendaknya memperhatikan cara berbicara karena ia merupakan panutan bagi masyarakat.
Apabila dilihat dari empat keterampilan berbahasa, pembenahan yang sebaiknya dilakukan oleh Syahrini adalah keterampilan berbicara, karena selain berfungsi sebagai alat komunikasi, bahasa juga berfungsi sebagai bahasa media massa. Media massa menjadi tumpuan kita dalam menyebarluaskan bahasa Indonesia secara baik dan benar. Seorang artis akan menjadi pusat perhatian dan contoh untuk masyarakat luas. Oleh karena itu, sebaiknya ia memperhatikan cara menggunakan bahasa di khalayak ramai agar tidak merusak kaidah berbahasa.

Unknown mengatakan...

Kelompok menyimak, Fisika kelas B

Jika kami menjadi Syahrini, kami tidak akan meniru cara berbicara Vicky Prasetyo. Apabila kami mengikuti cara berbicara Vicky berarti kami telah melakukan kesalahan dalam berbahasa. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya rasa nasionalisme terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Oleh karena itu, sebagai publik figur Syahrini harus memperhatikan cara berbicara yang baik dan benar agar masyarakat tidak meniru gaya berbahasa yang salah tersebut. Sudah seharusnya, Syahrini dapat membedakan tata bahasa yang baik dan benar sebagai contoh untuk masyarakat.
Pembenahan yang harus dilakukan Syahrini dalam keterampilan berbahasa adalah keterampilan menyimak dan berbicara. Di dalam menyimak sesuatu, kita harus dapat membedakan hal yang penting atau tidak dari suatu pernyataan. Dari hasil telaah tersebut, kita harus dapat menyampaikan pernyataan dengan tata bahasa yang baik. Seharusnya, berbicara di publik memiliki pengaruh yang besar, baik untuk diri sendiri maupun orang lain di masyarakat.

Jasmine Al-Magribi mengatakan...

Tolong, bagi yang memberi komentar untuk menuliskan nama anggotanya beserta NIM dan prodi reg A/B.
Mkasih

Noor Cahaya

Unknown mengatakan...

Jika saya menjadi Syahrini, maka saya tidak akan memperalat bahasa sebagai alat pencitraan untuk terkenal. Oleh Karena itu, sebagai seorang seniman seharusnya mengandalkan kreasi yang kita miliki, yang harus bias mengondisikan dimana lingkungan dia berbicara dan menyesuaikan dengan bahasa indonesia yang baik dan benar.
Jika dihubungkan dengan empat keterampilan berbahasa, gaya bahasa Syahrini seharusnya dia mengerti makna dari kata-kata yang diucapkan. Jika dia tidak mengerti kata-kata tersebut seharusnya tidak mengucapkan kata-kata tersebut agar dia tidak terlihat bodoh dan tidak mempermalukan diri sendiri.

Muhammad Noor mengatakan...

Assalamu’allaykum warohmatullahi wabarokatuh.

Kami dari kelompok 5 prodi pend. Fisika reg. A anggota : Asmaul Husna, Dinda Suci A, Firda Aulia, Fitriani, Geulis Sitresmi A, Ibnu Hendriansyah, Muhammad Ridha Pratama, Meilisa Windi Astuti, Meyrika Maharani,Muhammad Noor, Mukhlis, Rahmatiya, Richi Ramadhana,Wardah.

Menjawab pertanyaan dari ibu noor cahaya terhadap wabah bahasa 'Vickinisasi' yang ditularkan oleh Vicki Prasetyo yang menurut berita syahrini pun dari kalangan artis juga mulai ikut-ikutan melatah.
1. Apa yang akan Anda lakukan jika menjadi Syahrini?
jawaban: Syahrini yang pasti berusaha untuk tidak mengulangi lagi perkataan yang demikian dikarenakan tidak sesuainya dalam kaidah bahasa Indonesia yang benar, kecuali jika dia memang merasa tidak mempermasalahkan terhadap apa yang di katakan dia dengan anggapan untuk lebih meningatkan popularitas dengan mempunyai gaya berbahasa yang mungkin beda dengan artis lain.
2. Apabila dilihat dari empat keterampilan berbahasa, di manakah pembenahan harus dilakukan oleh Syahrini! Jelaskan pendapat kelompok kalian!
Jawaban: syahrini perlu menyimak dengan benar terhadap perkataan dari Vicki Prasetyo tersebut agar ketika dia berbicara itu memang benar dan sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Jadi kesimpulan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh Syahrini ada dua aspek keterampilan berbahasa yang perlu dibenahi yaitu menyimak dan berbicara.

Muhammad Noor mengatakan...

Assalamu’allaykum warohmatullahi wabarokatuh.
Kami dari kelompok 5 prodi pend. Fisika reg. A anggota : Asmaul Husna, Dinda Suci A, Firda Aulia, Fitriani, Geulis Sitresmi A, Ibnu Hendriansyah, Muhammad Ridha Pratama, Meilisa Windi Astuti, Meyrika Maharani,Muhammad Noor, Mukhlis, Rahmatiya, Richi Ramadhana,Wardah.

Tanggapan terhadap gaya bahasa Vicki Prasetyo yang melakukan kesalahan dalam berbahasa, dari permasalahan tersebut jika dikaitkan pada empat keterampilan berbahasa dapat diketahui dari kesalahan dia pada saat berbicara dengan tidak sesuainya penempatan kata yang digunakan. Dan itu semua bisa dikarenakan kesalahan dia dalam menyimak informasi yang telah didapatkan sebelumnya tentang bahasa yang digunakan pada saat dia berbicara atau bahkan ada faktor pribadi yang menyebabkan kenapa dia jadi melakukan hal demikian. Wa’allahu allam

Nahed's Room mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nahed's Room mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nahed's Room mengatakan...

kelompok menulis kelas B prodi fisika :
Ana Istikomah
Anisa Nur Azmi
Arnys Yunita Sari
Fazrul Falah
Ivone Ujimawati
Lisa Hartini
Lita Lestari
Mika Sari
Mila Wati
Nahed Nuwairah
Rahmad Ariyadi

Menurut kami, jika salah satu dari kami menjadi Syahrini, maka akan berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara ditengah masyarakat luas.
Pembenahan yang harus dilakukan oleh Syahrini adalah dalam keterampilan berbicara, seharusnya Syahrini menyadari bahwa dia adalah publik figur yang harus memberi contoh kepada masyarakat luas tentang cara berbicara yang baik agar tidak merusak bahasa. Dia harus memulai dengan cara memahami makna dari kata- kata yang akan diucapkannya.

Unknown mengatakan...

FISIKA KELAS B
Kelompok 1 (Keterampilan Menyimak)
Nama anggota kelompok :
1. Bera Tri Handayani (A1C413204)
2. Maulidawati (A1C413226)
3. Eriana (A1C413090)
4. Melda Rizka Putri (A1C413210)
5. Thaybah (A1C413006)
6. Retno Munawwaroh (A1C413012)
7. Elfa Erliana (A1C413020)
8. Veronika J.W (A1C413034)
9. Devvy Anggriani (A1C413216)
10. Zahra Yunita R (A1C413098)
11. Benny Anshari (A1C413208)
12. Halim Fadlianto (A1C413038)

Keterampilan Menulis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Keterampilan Menulis mengatakan...

Program Studi Pendidikan Fisika
Kelas I A
Kelompok 4 Keterampilan Menulis

Risda Amalia
Putri Nur Fatimah
Ayu Rusmala Dewi
Ronaldi
Erma Suryani
Diana Lestari
Ni'mah Haryati
Firda Nur Fadhila
Sofia Rihami
Wisnu Ardianto
Fauzi Ahmad
Hilmi Riyadi

Kalau kami adalah Syahrini, kami tidak akan mengikuti gaya bahasa Vicky Prasetyo hanya untuk mendongkrak popularitas. Karena Syahrini sebagai publik figur yang gayanya selalu diikuti oleh orang banyak tidak sepantasnya meniru gaya bahasa Vicky Prasetyo yang menyalahi aturan berbahasa Indonesia. Publik figur seharusnya memiliki sikap dan tutur kata yang baik karena mereka merupakan panutan orang banyak. Sikap mereka dinilai dalam semua aspek, terlebih tutur kata mereka yang seringkali ditiru anak muda zaman sekarang. Hal ini nantinya akan berdampak negatif kepada gaya berbahasa orang banyak. Menirukan gaya bahasa Vicky Prasetyo hanya untuk mendongkrak popularitas semata bukanlah contoh publik figur yang baik. Publik Figur yang baik harus dihormati dan dihargai karena sikap, tutur kata dan kreatifitasnya.

Kelompok 3 Fisika BSI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Kelompok 3 Fisika BSI mengatakan...

Program Studi Pendidikan Fisika
Kelas 1 A
Kelompok 3 Keterampilan Membaca

Alfis Sa’adah (A1C413219)
Aulya Raudhatul Hasanah (A1C413235)
Mir’atun Nisa (A1C413007)
M. Bahaudin Umar (A1C43033)
M. Said (A1C413223)
Nisa Karnila (A1C413023)
Nurullita Annisa (A1C413095)
Rahmat Nur Maulani (A1C413047)
Rahmina Latifah (A1C413065)
Shaumi Khairunnisa (A1C413089)
Syahrirani (A1C413059)
Wanda Aulia (A1C413203)
Zara Yahyana (A1C413063)
Tugas 2
Menurut hasil diskusi kelompok kami, jika kami menjadi Syahrini, kami tidak akan mengikuti kesalahan Vicky dalam berbahasa. Apalagi sebagai seorang publik figur, hal ini akan membuat banyak orang yang mengikuti kesalahan tersebut karena dianggap popular. Dan ini akan melunturkan kemurnian bahasa Indonesia yang sebenarnya. Dan jika kesalahan ini berlangsung secara terus-menerus, maka kita akan akan kehilangan bahasa nasional kita. Menurut kami, pembenahan yang harus Syahrini lakukan adalah lebih teliti dalam menyimak orang lain berbicara, yaitu lebih kritis terhadap apa yang kita dengar, jangan langsung menerima apa yang orang lain katakan. Lalu, dia harus mengetahui makna dari apa yang akan dia katakan, supaya makna yang ingin dia sampaikan dapat dipahami orang lain dan ini mencakup pembenahan dalam keterampilan mendengarkan dan berbicara. Namun, yang paling berpengaruh menurut kami, pembenahan yang harus dilakukan adalah lebih memperhitungkan sebab dan akibat yang akan terjadi atas apa yang kita lakukan.

KELOMPOK 5 mengatakan...

Program Studi Pendidikan Fisika
Kelas I A
Kelompok 5 (surat)
Nama Anggota :
1. Richi Ramadhana (A1C413015)
2. M. Ibnu Hendriansyah (A1C413019)
3. Dinda Suci Abiyati (A1C413027)
4. Meyrika Maharani (A1C413031)
5. Asmaul Husna (A1C413037)
6. Fitriani (A1C413045)
7. Meilisa Windi Astuti (A1C413051)
8. Geulis Sitaresmi Agrin (A1C413069)
9. M.Nur (A1C413083)
10. Mukhlis (A1C413085)
11. Rahmatiya (A1C413093)
12. Firda Aulia (A1C413211)
13. M.Ridha Pratama (A1C413233)


Jika kami menjadi Syahrini, kami akan berpikir dua kali untuk menirukan bahasa yang baru seperti bahasa Vicky Prasetyo. Karena belum tentu bahasa yang baru itu dapat menunjukan seseorang lebih berpengetahuan dan mempunyai status sosial yang lebih tinggi dari orang lain. Jika sudah terlanjur menirukan bahasa yang kurang disenangi oleh masyarakat luas, sebaiknya kita segera mengintrospeksi diri dan memperbaiki bahasa yang digunakan sehingga lebih disenangi oleh masyarakat luas.
Menurut kelompok kami bahasa Syahrini yang harus diperbaiki adalah dari segi diksi atau pemilihan dan penempatan kata-kata yang digunakan sebelum mengucapkannya. Sehingga perkataannya mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat luas.

Unknown mengatakan...

KELOMPOK 2 BERBICARA
kelas 1 A
(Program Studi Pendidikan Fisika)

1.ARTONI YAHYA (A1C413017)
2.ANGGUN NOVITA ANGGRAINI (A1C413055)
3.KARMILA (A1C413273)
4.FEBRIANTI (A1C413053)
5.HELDA WAHYUNI (A1C413001)
6.PURNAMA SARI WAHYUNI (A1C413035)
7.HELMAN ARI AFNIZAR (A1C4130229)
8.M. SETIAWAN (A1C413073)
9.SHOFA MAWADDAH (A1C413043)
10.SITI MUNAWAROH (A1C413005)
11.HASIARNI FAHRUNNISA (A1C413209)


1. Apa yang akan kami lakukan jika menjadi Syahrini ?
Jawaban : Bila kami menjadi Syahrini, kami tidak akan meniru gaya tutur bahasa yang di ungkapkan oleh Vicky Prasetyo, sebelum kami secara tuntas menggali karakteristik bahasa yang digunakannya apakah benar atau tidak dalam kaidah bahasa Indonesia. Jika memang benar maka kami akan menggunakan kaidah ungkapan bahasa yang di ungkapkanya, tetapi jika itu memang salah maka kami akan memperbaiki kesalahan bahasa yang ungkapkan Vicky Prasetyo kepada masyarakat melalui media popularitas, karna artis adalah publik figur masyarakat. Bukan malah sebaliknya ,ketika ungkapan bahasa Vicky itu salah jangan sampe di populerkan ke masyarakat karna dapat merusak pencitraan bahasa Indonesia.
2. Dibagian mana keterampilan berbahasa yang harus di benahi oleh Syahrini ?
Jawaban : Pembenahan keterampilan berbahsa yang harus benahi Syahrini adalah pada keterampilan menyimak, membaca dan berbicara.
a. Menyimak : Syahrini harus mendengarkan dengan baik dan benar dari apa yang dituturkan oleh Vicky, dan sambil memahami apa yang dituturkannya apakah sesuai dengan Kaidah Bahasa atau tidak.
b. Membaca : Syahrini harus banyak membaca buku - buku kaidah berbahasa Indonesia yang benar dan membaca buku tentang letak geografis Indonesia dan negara lain agar tidak salah menyebutkan letak suatu negara
c. Berbicara : Sebaiknya Syahrini harus berpikir ribuan kali dan belajar bahasa yang benar sebelum berbicara mengenai ungkapan – ungkapan bahasa baru yang dipopulerkannya di masyarakat. Sehingga ungkapan tersebut tidak menyalahi aturan berbahasa Indonesia dan tidak merusak pencitraan bahasa Indonesia.

Unknown mengatakan...

REG A (FISIKA) KELOMPOK KETERAMPILAN MENYIMAK
ZUNNAMAL .R (A1C408265)
SYARIFAH HANIAH (A1C410227)
GAJALI RAHMAN (A1C411211)
ELPA RAHMAH (A1C410249)
MIFTAHUL JANNAH (A1C410204)
MUHAMMAD ABDUH (A1C411033)
NOR AINI (A1C410206)
FATUR RAHMAN (A1C411214)
SITI JURAIDA (A1C410242)
FARAH NAIMAH (A1C410245)
RINI MARIANA (A1C411007)
GALIH RIZKI KHAIRUL ULUM(A1C411057)
ALIF ULUL ALBAB (A1C411043)
PUTRI ANGGRAINI (A1C411055)

Hal yang perlu dilakukan jika menjadi Syahrini adalah memperbaiki keterampilan berbicara yakni :
1.Dalam keterampilan berbicara seharusnya menggunakan EYD.
2.Penggunaan imbuhan harus disesuaikan dengan kata dasar, sehingga memiliki makna yang mudah di pahami orang lain.
3.Pengucapan bahasa asing yang salah akan menimbulkan beberapa makna yang berbeda.

kelompok 4 prodi kimia mengatakan...

Kelompok 4 (keterampilan menulis):
Anna Herlina : A1C313052, Fikriatun Nisa : A1C313218, Hendra Septiawan : A1C313217, Herni Ratna Sari: A1C313214, Imelda Audina Harahap : A1C313203, Linda Ellisa: A1C313212, Nursidah:A1C313205, Shella Malisa : A1C313226, Zainal Ilmi:A1C313063

Menurut kami, jika kami menjadi Syahrini, kami tidak akan meniru gaya bahasa Vicky Prasetyo hanya untuk suatu sensasi agar tetap populer karena penggunaan bahasa yang digunakan Vicky mempunyai banyak kesalahan baik dalam cara penyampaian maupun makna bahasa yang diucapkannya.

Pembenahan yang perlu dilakukan Syahrini yaitu dalam hal bahasa terutama keterampilan berbicaranya. Cara pengucapan suatu kata yang disengaja agar terlihat intelek padahal hal tersebut membuatnya terlihat seperti orang yang tidak mengerti cara berbahasa yang baik. Syahrini mengumbar ungkapan-ungkapan asing yang tak semestinya.Contoh pengucapan syahrini yang perlu dibenahi yaitu: saat Syahrini menyebut kata “Comfort” menjadi “Comfy”, kata “Mandarin” menjadi “Menderin”, “Famous” menjadi “Vimes”, dan “Speech” menjadi “Speechman”.